6 Sosok Makhluk Yang Akan Muncul Menjelang Hari Kiamat

ASALPOSTING.COM – Hari Kiamat adalah suatu peristiwa kehancuran alam semesta beserta isinya yang menandai berakhirnya seluruh kehidupan dunia fana menuju kehidupan yang kekal abadi.

Tetapi tidak ada satupun makhluk Allah SWT yang tahu kapan terjadinya kiamat.

Meskipun demikian beberapa tanda menjelang hari kiamat disebutkan dalam Al-Qur’an dan sejumlah hadits.

Salah satu tanda kiamat adalah munculnya sejumlah sosok yang menandai bahwa kiamat akan segera terjadi.

Berikut adalah 6 Sosok Makhluk Yang Akan Muncul Menjelang Hari Kiamat yang dikutip dari :m.oase.id

1. Dabbat Al-Ard

Sumber Gambar: bergasku.com

Dabbat al-Ard adalah binatang buas (monster) yang muncul dari perut bumi. Munculnya binatang ini masuk dalam salah satu tanda sebelum datang hari penghakiman. Ciri-ciri binatang ini adalah melata. Ia keluar dari kota Mekah dekat gunung Shafa setelah peristiwa terbitnya matahari di barat.

 

Dabbat al-ard ini akan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman. Selain itu, ciri-ciri dari binatang ini juga dijelaskan oleh Ibnu Zubair dengan rinci:

“Kepalanya seperti kepala kerbau, matanya seperti mata babi, telinganya seperti telinga gajah, tanduknya seperti tanduk rusa jantan, lehernya seperti leher burung unta, dadanya seperti dada singa, warna kulitnya seperti warna kulit harimau, panggulnya seperti panggul kucing, ekornya seperti ekor biri-biri jantan dan kakinya seperti kaki unta. Di antara sepasang persendiannya sejarak 12 ukuran garis lurus.”

2. Ya’juj dan Ma’juj

Sumber Gambar: islamituindah.my

Selanjutnya Ya’juj dan Ma’juj. Nama ini adalah sebutan dari suatu bangsa yang muncul pada akhir zaman sebagai perusak dan penghancur kehidupan di muka bumi. Dan mereka akan melawan Nabi Isa serta pasukan di bukit Thursina.

Keterangan dari Ibnu Katsir, mereka masih dari keturunan Adam. Walaupun mereka berasal dari jenis manusia keturunan Adam, namun sifat khas yang dimilikinya berbeda dari manusia biasa.

 

See also  Kisah Pria Yang Tak Pernah Melihat Wanita, Meskipun Hidup 82 Tahun Dan Tidak Buta

Ciri utama mereka adalah perusak. Jumlahnya juga sangat besar sehingga ketika mereka turun dari gunung seakan-akan air bah yang mengalir. Mereka tidak pandai berbicara dan tidak fasih, bermata kecil (sipit), berhidung kecil, lebar mukanya, merah warna kulitnya seakan-akan wajahnya seperti perisai.

Dalam Al-Quran disebutkan bahwa mereka diisolasi di antara dua gunung oleh pasukan Dzul Qarnain beserta kaum yang terpencil yang meminta bantuan kepadanya. Mereka meminta Dzul Qarnain untuk membuat dinding pembatas, agar kedua suku tersebut tidak keluar dan membuat kekacauan kembali, namun pada akhirnya mereka akan berhasil keluar dari dinding pembatas itu.

3. Imam Mahdi

Sumber Gambar: bincangsyariah.com

Imam Mahdi atau Muhammad al-Mahdi adalah seorang muslim muda yang dipilih oleh Allah untuk menghancurkan semua kezaliman dan menegakkan keadilan di muka bumi sebelum datangnya hari kiamat. Sebenarnya nama Imam Mahdi adalah Muhammad, sama seperti nama Nabi Muhammad. Dan nama ayahnya juga sama dengan nama ayah Nabi Muhammad. Hal ini dapat dilihat dalam hadis riwayat Tirmidzi:

 

Dari Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah ﷺ bersabda, “Tidak kiamat dunia ini sampai seorang laki-laki dari ahli baitku menguasai bangsa Arab. Namanya sesuai dengan namaku.”

Dan hadis lain juga menyebutkan bahwa Imam Mahdi akan muncul ketika kerusakan di muka bumi terjadi. Rasulullah ﷺ bersabda:

“Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah umatku ketika banyak terjadi perselisihan antar manusia dan gempa-gempa. Ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman.” (HR. Ahmad)

Kemunculan Imam Mahdi juga membawa kaum muslimin memerangi kedzaliman. Hingga kemenangan demi kemenangan diraih oleh Imam Mahdi dan pasukannya. Hal ini membuat Dajjal murka lalu keluar ke muka bumi dan berusaha membunuh Imam Mahdi serta pengikutnya.

See also  Luar Biasa.!!! Hanya Dalam Satu Periode,Bupati Bekasi Sudah Di Jabat Oleh 4 Orang.

4. Dajjal

Sumber Gambar: kalam.sindonews.com

Dajjal adalah sosok kafir yang jahat dalam Eskatologi Islam. Ia akan muncul menjelang Kiamat. Dajjal pembawa fitnah di akhir zaman. Menurut Al-hadits, Nabi Muhammad ﷺ bersabda:

مَا بَيْنَ خَلْقِ آدَمَ إِلَى قِيَامِ السَّاعَةِ خَلْقٌ أَكْبَرُ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya:
Tidak ada perkara yang lebih besar antara penciptaan Adam sampai hari kiamat melebihi (fitnah) Dajjal.”(HR Muslim)

 

Jika dajjal telah tiba, maka kalau bisa berlindung di kota Madinah dan Mekkah. Sebab, Dajjal tidak akan pernah bisa masuk kota tersebut. Kota tersebut dijaga oleh para malaikat.

Rasulullah ﷺ juga mengingatkan para pengikutnya untuk memanjatkan doa ini:

“Ya Allah! Aku berlindung dengan-Mu dari bencana Dajjal.”

5. Azazil

Sumber Gambar: tajdidislam.blogspot.com

Ada beberapa pendapat mengenai Azazil. Pendapat satu mengatakan bahwa Azazil adalah nama asli dari Iblis yang merupakan bapak dari bangsa jin. Sedangkan pendapat lain menyebutkan nama asli iblis adalah al-Harits.

Menurut syariat Islam, Azazil adalah pemimpin kelompok setan dari kalangan jin dan manusia. Bahkan dalam agama Islam, diyakini bahwa sebelum diciptakannya Adam, Azazil pernah menjadi imam para Malaikat (Sayyid al-Malaikat) dan Khazin al-Jannah (Bendaharawan Surga).

 

Sebelum dilaknat oleh Allah SWT, Azazil memiliki wajah rupawan cemerlang. Ia mempunyai empat sayap, banyak ilmu. Bahkan, merupakan sosok terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggaan para malaikat. Ia juga pemimpin para malaikat karubiyyuun.

Setelah ia enggan untuk bersujud kepada Adam, Allah mengubah mukanya pada asalnya. Mukanya yang sangat indah dan cemerlang diubah oleh Allah menjadi bentuk seperti babi hutan. Allah mengubah kepalanya seperti kepala unta.

 

See also  Mengapa Kita Harus Mencintai Nabi Muhammad SAW ? Inilah Penjelasan Ustadz Adi Hidayat.

Kemudian dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung. Wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera. Selain itu, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya.

Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam. Kedua bibirnya seperti bibir lembu. Serta, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai.

 

Azazil diberi umur hingga hari akhir kiamat. Ia berjanji untuk mengajak banyak manusia untuk mengambil jalan sesat. Setelah itu, ia akan menemani manusia di neraka Jahanam kelak.

 

6. Anqa’

Sumber Gambar: portalsulut.pikiran-rakyat.com

Dalam mitologi Islam, Anqa’ adalah seekor burung besar misterius. Disebutkan burung itu namanya dalam buku karya Zakariya al-Qazwini yang berjudul ʿAja’ib al-Makhluqat wa-Ghara’ib al-Mawjudāt (Makhluk-makhluk Ajaib dan Hal-hal Aneh yang Ada).

Dikisahkan oleh al-Kisa’i, bahwa burung tersebut pernah ada pada zaman Nabi Hanzhalah dengan umatnya yang disebut Ashab ar-Rass. Ia berhasil membunuh burung ini dengan cara meminta pertolongan kepada Allah SWT.

 

Al-Kisa’i juga mengisahkan bahwa burung ini tinggal di sebuah gunung tinggi yang bernama Gunung Falaj. Ketika burung itu terbang, maka sayapnya mampu menutup matahari seperti awan.

Warna bulunya sangat banyak. Lehernya seperti leher unta. Burung ini juga memiliki empat sayap. Dua sayap ukuran panjang serta dua lagi lebih pendek.

Demikian Allah menciptakan makhluk dan keajaiban-keajaiban pada akhir zaman. Hal ini menjadi petunjuk bahwa firman-Nya merupakan bukti kebenaran-Nya.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *