Inilah Beberapa Nama Setan Dan Beserta Tugasnya.

ASALPOSTING.COM – Sebagai makhluk ciptaan Allah, kita sebagai manusia tentu harus berhati-hati didalam menjalani kehidupan didunia ini.

Akan ada banyak cobaan dan godaan yang datang disetiap lini kehidupan manusia.

Hal ini tentu karena Allah SWT telah menciptakan makhluk yang biasa disebut SETAN/ JIN yang memang bertugas menggoda manusia.

Didalam Alqur’an banyak disebutkan, bahwa setan adalah musuh manusia yang senantiasa menggoda dan mengganggu kehidupan manusia.

 

Diantaranya dalam Alqur’an Surat Yasin Ayat ke 60, Allah berfirman yang artinya:

Bukankah telah kukatakan kepadamu wahai anak Adam, bahwa janganlah kamu menyembah (mengikuti) syetan,karena sesungguhnya syetan adalah musuhmu yang nyata”(Q.S. Yasin :60)

Sebenarnya ada banyak nama ,jenis dan tugas daripada syetan,namun kali ini kami  hanya akan membahas beberapa saja diantara sekian banyak nama dan tugas “SETAN”.

 

Beberapa Nama Nama Setan Dan Beserta Tugasnya

1. Zalanbur

Zalanbur Bertugas menggoda orang yang datang ke pusat perbelanjaan supaya boros dalam berbelanja, atau menggoda para pedagang agar berbuat curang dengan cara mengurangi berat timbangan , atau mengurangi ukuran , atau menipu yaitu barang jelek di katakan bagus dll .

 

2. Tibbir / Tabri

Tibbir / Tabri Bertugas menggoda manusia agar mudah marah atau emosi dalam sakit.

Contoh: Saat manusia sakit diajaknya agar segera berobat ke dokter, lalu minum obat. Sampai habis obat belum juga sembuh segera pindah ke dokter lain lalu mulai mengeluh, marah, jengkel dan berpikir macam macam:

Ini siapa yang ngerjain saya?

Jangan–jangan ada yang syirik pada saya? Semua itu semua pekerjaan syaitan Tibbir

Yang sebaiknya dilakukan manusia adalah sambil berobat lalu berdo’a kepada Allah yang mampu menyembuhkannya.

 

3. Abyad

Abyad Merupakan Panglima setan, Bertugas menggoda manusia agar berlaku dan bersikap sombong terutama manusia yang ahli ibadah atau wali yang merasa senang bila sudah di panggil Pak Ustadz, Pak Kyai, Abah Habib , Ustadz, Wali

Mereka senang mendapat pujian dari manusia karena ucapan mereka diakui kebenarnnya. Mereka senang karena telah memiliki banyak pengikutnya. Mereka tidak senang bila dirinya merasa tersaingi. Itu semua adalah karena godaan syaitan Abyad.

Mereka tidak sadar bahwa kelak di akhirat Allah akan mempertanyakan gelarnya itu untuk apa dimanfaatkan .Dan bila untuk keburukan maka hukumannya akan dua kali lipat dari orang yang bodoh.

Seharusnya mereka itu berbuat sebaliknya, mereka bersikap rendah hati terhadap siapapun, bukan hanya kepada pejabat saja , kepada pekerja kasarpun harus sama penghormatannya. Dan yang menilai baik dan buruknya dalah hal amal ibadah itu hanyalah Allah swt . Itulah makanya kita tidak boleh sembarangan menghakimi orang lain , misalnya mengkafirkan, memurtadkan, menyalahkan dsb.

 

4. Dasim

Dasim Bertugas menggoda perut manusia agar merasa tidak pernah kenyang

Misalnya: Sudah ada satu macam makanan, masih ingin yang lainnya.

Semakin ditambah menunya semakin kurang banyak lagi ingin merasakan makanan lainnya, Bukannya mensyukuri apa yang sudah ada di hadapannya. Makan di rumah tidak enak, lalu keluar mencari Rumah Makan, karena punya uang banyak maka datanglah ke rumah makan yang elit

 

5. Masuth Matun

Masuth Matun Bertugas menggoda manusia agar suka menggunjing dan menyebarkan berita bohong atau dusta

 

 

6. A’wan / A’war

A’wan / A’war Bertugas menggoda manusia agar mendekati dan melakukan perbuatan Zina

Contoh: Saat berpacaran dia itu sangat cantik, segalanya serba sempurna, bahkan bila dia salah juga dianggapnya benar. Tapi setelah menikah karena bertemunya setiap hari lama kelamaan melihat dia itu biasa – biasa saja . Tapi setelah keluar dari rumah kok ternyata si dia ini lebih cantik dari istrinya, lalu mulailah menggoda atau  tergoda  olehnya.

7. Wasnan

Wasnan adalah setan yang membawa tepung, lalu ditiupkan ke mata manusia agar mudah mengantuk

Contoh: Dengan memberikan mimpi yang indah atau sebaliknya. Setelah dia bangun mulailah syaitan disini melakukan tugasnya, tadi malam saya mimpi itu maksudnya apa ya? Saya takut terjadi ini dan itu , maka bertanyalah kepada orang pintar, akhirnya dari si dia menambah beban pikiran lagi.

8. Khanzab

Khanzab Bertugas menggoda manusia agar melalaikan sholat

Contoh: Saat sedang niat akan shalat kamu tidak ada pikiran macam–macam, tapi saat setelah membaca Takbiratul Ihram, mulai muncul pikiran; ada kreditan belum dibayar, listrik, pekerjaan yang belum selesai dll.

Atau saat sedang sujud terus bangun berdiri terus hati bicara ini rakaat yang ke berapa ya , ke dua ataukah ke tiga . Atau dari sujud saat sudah berdiri terlintas di pikiran tadi saya sudah melaksanakan duduk di antara dua sujud belum ya dll. Itulah sebagian yang dikerjakan oleh Syaitan Khanzab .

 

9. Walhan

Walhan Bertugas menggoda manusia agar tidak mengambil air wudhu atau tidak mau berwudhu.

Yaitu: Dengan cara melakukan wudhunya asal – asalan saja alias tidak sempurna. Inginnya cepat selesai . Atau kalau malam hari ingin melaksanakan shalat namun hati kecilnya melarang , malam itu hawanya dingin, akhirnya mengurungkan niat sholat lalu tidur lagi .

Demikianlah beberapa diantara nama-nama setan beserta tugas-tugasnya.
Semoga kita senantiasa terhindar dari godaannya.
Aaaamiiin Ya Robbal Alamin.

Bagikan ini ke teman, sahabat ataupun keluarga, jika menurutmu ini bermanfaat.!!!!

Dan Jangan Lupa Bahagia.!!!

Wassalam.

 

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.