Kisah Lengkap Azazil, Dari Ahli Ibadah Hingga Di Laknat Menjadi Iblis

ASALPOSTING.COM – Sebelum dilaknat oleh Allah dan diberi gelar Iblis, ia  adalah makhluk yang sangat taat kepada Allah dan bahkan diberi nama “Azazil” .

Tapi mengapa kemudian ia ingkar kepada Allah dan menjadi makhluk Terkutuk (Terlaknat), bahkan Allah memberinya gelar Iblis?.
Berikut kisah selengkapnya:

DAFTAR ISI:
1. Sejarah Penciptaan Iblis
2. Hadits Tentang Azazil
3. Julukan Azazil
4. Wujud Asli Azazil
5. Kisah Lengkap Azazil Dalam Quran ( Azazil Dilaknat Menjadi Iblis)
6. Malaikat Jibril Dan Mikail Menangis Ketika Iblis Dilaknat Oleh Allah.

1. Sejarah penciptaan Iblis
Diciptakan sebelum nabi adam, namanya adalah Jann (nenek moyang jin) dan tinggal di bumi. Namun karena ketaatannya kepada Allah dan telah menyembah Allah selama 1000 tahun dibumi, maka Allah pun mengangkat Jann ke langit dan diberi nama baru yaitu Azazil.

Azazil artinya Makhluk yang kuat atau Makhluk yang terhormat.

Dilangit pertama dia telah menyembah Allah selama 1000 tahun lalu dia diangkat lagi ke langit kedua.

Dia terus beribadat tanpa rasa jemu bertahun-tahun lamanya dan dia terus diangkat dari langit ke langit hingga ke syurga.

 

2. Hadits Tentang azazil
Al-Hasan Al-Bashri berpendapat mengenai iblis. Beliau menyatakan:

“Iblis tidak pernah menjadi golongan malaikat sekejap matapun sama sekali. Dan dia benar-benar asal-usul jin, sebagaimana Adam adalah asal-usul manusia.” (Diriwayatkan Ibnu Jarir dalam tafsir surat Al-Kahfi ayat 50, dan dishahihkan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya.)

Diriwayatkan dari Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud, dan beberapa sahabat Nabi lainnya:

“Iblis dijadikan penguasa atas surga bagian bawah. Dia termasuk suku malaikat yang disebut jin. Mereka disebut jin (jinn) karena mereka adalah penjaga surga (al-jannah). Selain menjadi penguasa, Iblis adalah penjaga (Surga).”

Sampai kemudian Azazil dilantik menjadi imam para Malaikat (Sayyid al-Malaikat) dan Khazin al-Jannah (Bendaharawan Surga).

 

3. Julukan Azazil
Karena banyaknya ibadah yang dilakukan Azazil pun memiliki julukan:

  • Sayid Al-Malaikat (Imam Para Malaikat)
  • Khazin Al-Jannah (Bendaharawan Syurga)

Selain itu disetiap langit Azazil juga memiliki julukan, yaitu :

    1. Langit pertama, (Al-Abid) Ahli ibadah
    2. Langit kedua, (Ar-Raki) Ahli ruku
    3. Langit ketiga, (As-Saajid) Ahli sujud
    4. Langit keempat, (Al-Khaasyi) Selalu merendah dan takluk kepada Allah
    5. Langit kelima, (Al-Qaanit) Selalu ta’at
    6. Langit keenam, (Al-Mujtahid) Bersungguh-sungguh dalam beribadah
    7. Langit ketujuh, (Az-Zahid) Sederhana dalam menggunakan sarana hidup

Suatu ketika saat berkeliling di syurga, malaikat Israfil menemukan sebuah tulisan:

See also  Tips Ketika Terjadi Gempa Bumi, Jangan Panik, Lakukan Hal Berikut Ini.

“Seorang hamba Allah yang telah lama mengabdi akan mendapat laknat dengan sebab menolak perintah Allah.”

Tulisan yang tertera di salah satu pintu surga itupun membuat Israfil menangis.

Ia takut, itu adalah dirinya. Beberapa malaikat lain juga menangis dan punya ketakutan yang sama seperti Israfil.

 

Setelah mendengar kabar perihal tulisan di pintu surga itu dari Israfil. Mereka lalu sepakat mendatangi Azazil dan meminta didoakan agar tidak tertimpa laknat dari Allah.

Setelah mendengar penjelasan dari Israfil dan para malaikat yang lain, Azazil lalu memanjatkan doa.

“Ya Allah. Janganlah Engkau murka atas mereka.”

Doanya dikabulkan oleh Allah SWT, tetapi sayangnya Azazil lupa untuk mendoakan dirinya sendiri.
Lantas Azazil terus menuju ke Syurga dan di atas pintu Syurga dia melihat tulisan:

“Ada seorang hamba di antara hamba-hamba Allah yang muqarrabin yang diperintahkan Allah untuk melakukan suatu tugas, tetapi hamba itu tidak mentaati perintah Allah. Maka dia termasuk dalam kelompok sesat dan terkutuk.”

4. Wujud Asli Azazil

Sebelum Dilaknat Allah:

ilustrasi azazil sebelum dilaknat oleh Allah

Azazil memiliki wajah rupawan cemerlang, mempunyai empat sayap, banyak ilmu, terbanyak dalam hal ibadah serta menjadi kebanggaan para malaikat dan dia juga pemimpin para malaikat karibbiyun, memiliki tempat di beberapa langit, mendengarkan berita-berita rahasia Tuhan dan masih banyak lagi.

Setelah Dilaknat Allah:
Setelah ia enggan untuk bersujud kepada Adam, Allah mengubah wajah Azazil. Mukanya yang sangat indah dan cemerlang diubah oleh Allah menjadi bentuk seperti babi hutan. Allah mengubah kepalanya seperti kepala unta.

Kemudian dadanya seperti daging yang menonjol di atas punggung. Wajah yang ada di antara dada dan kepala itu seperti wajah kera. Selain itu, kedua matanya terbelah pada sepanjang permukaan wajahnya.

Lubang hidungnya terbuka seperti cerek tukang bekam. Kedua bibirnya seperti bibir lembu. Serta, taringnya keluar seperti taring babi hutan dan janggut terdapat sebanyak tujuh helai.

Tidak hanya itu, Allah lalu mengubah nama Azazil menjadi Iblis

ilustrasi gambar azazil setelah menjadi iblis

5. Kisah Lengkap Azazil Dalam Quran ( Azazil Dilaknat Menjadi Iblis)
Berikut kami sajikan kisah azazil menjadi iblis dan mengapa iblis tidak taat kepada Allah:

Selama 120 ribu tahun, Azazil, si penghulu para malaikat menyandang semua gelar kehormatan dan kemuliaan, hingga tibalah ketika para malaikat melakukan musyawarah besar atas undangan Allah. Ketika itu, Allah, Zat pemilik kemutlakan dan semua niat, mengutarakan maksud untuk menciptakan pemimpin di bumi.

Diceritakan dalam Alquran Surat Al-Baqarah ayat:30-34

See also  Menjadi Istana Terbesar Dan Termewah Didunia, Inilah Penampakan Istana Nurul Iman Brunei Darussalam

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya:
“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui”.(QS.Al-Baqarah ayat:30)

وَعَلَّمَ ءَادَمَ ٱلْأَسْمَآءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى ٱلْمَلَٰٓئِكَةِ فَقَالَ أَنۢبِـُٔونِى بِأَسْمَآءِ هَٰٓؤُلَآءِ إِن كُنتُمْ صَٰدِقِينَ

Artinya:
“Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang benar orang-orang yang benar!”(QS.Al-Baqarah ayat:31)

 

قَالُوا۟ سُبْحَٰنَكَ لَا عِلْمَ لَنَآ إِلَّا مَا عَلَّمْتَنَآ ۖ إِنَّكَ أَنتَ ٱلْعَلِيمُ ٱلْحَكِيمُ

Artinya:
Mereka menjawab: “Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.(QS.Al-Baqarah ayat:32)

قَالَ يَٰٓـَٔادَمُ أَنۢبِئْهُم بِأَسْمَآئِهِمْ ۖ فَلَمَّآ أَنۢبَأَهُم بِأَسْمَآئِهِمْ قَالَ أَلَمْ أَقُل لَّكُمْ إِنِّىٓ أَعْلَمُ غَيْبَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ وَأَعْلَمُ مَا تُبْدُونَ وَمَا كُنتُمْ تَكْتُمُونَ

Artinya:
“Allah berfirman: “Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini”. Maka setelah diberitahukannya kepada mereka nama-nama benda itu, Allah berfirman: “Bukankah sudah Ku-katakan kepadamu, bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan apa yang kamu sembunyikan?”(QS.Al-Baqarah ayat:33)

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَٰٓئِكَةِ ٱسْجُدُوا۟ لِءَادَمَ فَسَجَدُوٓا۟ إِلَّآ إِبْلِيسَ أَبَىٰ وَٱسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ ٱلْكَٰفِرِينَ

Artinya:
“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.”(QS.Al-Baqarah ayat:34)

 

Sebagai pemimpin para malaikat dengan segala gelar dan gelar kemuliaan, Azazil merasa tidak layak bersujud kepada makhluk lain termasuk Adam karena merasa ciptaan dan statusnya lebih baik.

Allah murka melihat perilaku dan sikap Azazil,lalu memberinya gelar baru “Iblis”.

Kisah ini juga terdapat didalam Alquran Surat Al-A’raf ayat 11-18 yang Artinya:

“Sesungguhnya Kami telah menciptakan kamu (Adam), lalu Kami bentuk tubuhmu, kemudian Kami katakan kepada para malaikat: “Bersujudlah kamu kepada Adam”, maka mereka pun bersujud kecuali iblis. Dia tidak termasuk mereka yang bersujud”.(QS.Al-A’raf ayat 11)

See also  LUCU..!!!! 20 Foto Ini Akan Membuatmu Tertawa

“Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?” Menjawab iblis:”Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah”.(QS.Al-A’raf ayat 12)

“Allah berfirman: “Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina”.(QS.Al-A’raf ayat 13)

“Iblis menjawab: “Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan”.(QS.Al-A’raf ayat 14)

“Allah berfirman: “Sesungguhnya kamu termasuk mereka yang diberi tangguh”(QS.Al-A’raf ayat 15).

“Iblis menjawab: “Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,”(QS.Al-A’raf ayat 16)

“Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).”(QS.Al-A’raf ayat 17)

“Allah berfirman: “Keluarlah kamu dari surga itu sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barangsiapa di antara mereka mengikuti kamu, benar-benar Aku akan mengisi neraka Jahannam dengan kamu semuanya.”(QS.Al-A’raf ayat 18) Referensi: TafsirWeb.Com

 

6. Malaikat Jibril Dan Mikail Menangis Ketika Iblis Dilaknat Oleh Allah.

Meski pada sebelumnya Iblis mempunyai rupa yang sangat indah cemerlang, memiliki empat sayap, banyak ilmu, banyak ibadah serta menjadi kebanggaan para malaikat dan bahkan menjadi pemimpin para malaikat karibiyun, tetapi hal itu tidak menjadi jaminan sama sekali baginya.

Ketika Allah membalas tipu daya iblis, maka menangislah Malaikat Jibril dan Mikail.

Lalu Allah berfirman kepada para Malaikat:
“Apakah yang membuat kamu menangis?”

lalu mereka menjawab:
Ya Allah ! Kami tidaklah aman dari tipu dayamu”.

Kemudian Allah kembali berfirman kepada Malaikat:
“Begitulah Aku. Jadilah engkau berdua tidak aman dari tipu dayaKu.”

Iblis sebagai pelopor sifat takabur selalu mendoktrin kepada siapa saja sifat takabur, dan mewariskannya kepada jin dan manusia. Tujuannya jelas, untuk menyebarkan sumpah (Iblis) pada golongannya sebagaimana golongan setan dari jenis jin.

Setan tentu dominan untuk menjerumuskan dan menyesatkan bangsa jin, begitu pula setan dari golongan jenis manusia, sangat dominan untuk menjerumuskan dan menyesatkan bangsa manusia.

 

Semoga kita senantiasa terhindar dari godaan iblis dan keturunannya.
Aaaamiiiin ya Robbal Aalamiin.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *